Tuesday 3 February 2015

Sepuluh Kompetensi Profesional Guru





Guru merupakan seorang yang dianggap tahu dan bisa, maka dari itu seorang guru pun seharusnya sudah mengetahui kompetensi profesional, karena dengan mengetahui kompetensi professional tersebut diharapkan seorang guru akan lebih mudah dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Berikut ini akan saya sajikan. Sepuluh kompetensi professional guru sebagaimana yang dirumuskan oleh proyek pengembangan pendidikan guru  (P 3 G) yaitu sebagai berikut
1.      Menguasai bahan / materi pelajaran
Tidak dipungkiri lagi bahwa ketika menjadi seorang guru harus mampu menguasai bahan /materi pelajaran, hal ini disebabkan agar ketika proses belajar-mengajar seorang guru mampu memberikan materi sesuai tujuan yang telah ditetapkan di dalam kurikulum.
2.      Mengelola program belajar mengajar
Dalam mengelola program belajar mengajar langkah yang pertama dilakukan seorang guru harus merumuskan tujuan pembelajaran dan indikator, kemudian seorang guru melakukan desain pembelajaran sebelum melaksanakan prosesbelajar mengaja, setelah mendesain barulah seorang guru melaksanakan program belajar mengajar yang telah dirumuskan dan didesain. Dan perlu diingat bahwa seorang guru juga harus mengenal kemampuan dari masing-masing perserta didik.
3.      Mengelola kelas.
Ketika seorang guru melaksanakan pembelajaran, tentulah seorang guru harus berusaha mencipatkan kondisi kelas yang kondusif supaya proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik.
4.      Menggunakan media / sumber belajar
Media atau sumber belajar yang dapat seorang guru gunakan untuk proses belajar mengajar  yakni media atau sumberbelaja yang masih ada hubungannya denganmateri yang akan diajarkan.
5.      Mengenal landasan – landasan kependidikan
Mengenal landasan-landasan kependidikan menjadi penting bagi seorang guru karena dengan mengenal landasan-landasan kependidikan tersebut seorang guru dapat memiliki keyakinan yang mendorong cara berfikirdan bertindak sedukatif di setiapsituasi dalam usaha mengelola interaksi belajar mengajar.
6.      Mengelola interaksi belajar mengajar
Agar mampu mengelola interaksi belajar mengajar antara lain seorang guru harus menguasai bahan, mampu mendesain program belajar mengajar, mampu menciptakan kondisi kelas yang kondusif, terampil dalam memilih media dan memilih sumber, serta memahami landasan-landasan kependidikan.
7.      Menilai prestasi peserta didik
Menilai prestasi peserta didik sama saja dengan membuat evaluasi. Dengan adanya evaluasi pembelajaran diharapkan seorang guru dapat mengetahui prestasi peserta didik dalam kelas.
8.      Mengenal fungsi dan program bimbingan dan penyuluhan
Seorang guru yang profesionaljuga dituntut mempunyai kemampuan untuk mengenal fungsi dan program pelayanan dan penyuluhan disekolah, juga mampu menyelenggarakan program layanan bimbingan di sekolah.
9.      Mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah
Mengenal dan menyelenggarakan administrasi harus diketahui dan dilaksanakan oleh seorang guru. Pada dasarnya dalam kegiatan administrasi sekolah ada dua kegiatan yakni kegiatan catat-mkencatan dan kegiatan lapor / pelaporan.
10.  Memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian kependidikan guna keperluan pembelajaran
Dengan memahami dan dapat menafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikan diharapkan seorang guru akan memperoleh masukan, sehingga bisa diterapkan untuk proses belajar mengajar.

Nah demikian telah kami jelaskan tentang sepuluh kompetensi professional guru, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang membaca artikel ini. Amin

No comments:

Post a Comment