Friday 12 December 2014

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Belajar Mengajar

Proses belajar mengajar merupakan interaksi antara pendidik ( guru ) dengan peserta didik ( siswa ). Hal ini berarti dalam proses belajar mengar sebenarnya mempunyai tujuan yang ingin di capai, sementara jika pembelajaran dapat dicapai sesuai yang kita inginkan dan jika pembelajaran pun berhasil maka kita pun akan merasa puas. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga proses belajar mengajar di jalankan dapat berjalan lancar dan keberhasilan pun dapat kita raih.

Langsung saja artikel ini akan menjelaskan tiga faktor yang menentukan kualitas pembelajaran yaitu diantaranya :

1. Guru

Guru merupakan orang yang sangat berperan dalam keberhasilan proses belajar mengajar, karna seorang guru lah yang dapat memenejemen pembelajaran di dalam kelas artinya bahwa seorang guru dituntut harus seprofesional munggkin sehingga jika seorang guru sudah menjadi guru yang profesional besar sedikit kemungkinan pembelajaran akan gagal.

Seorang guru yang profesiaoan yaitu seorang guru mempunyai kemampuan di bidang kognitif ( intelektual ) seperti penguasaan bahan mengajar, menilai hasil belajar siswa dan lain-lain. Selain itu seorang guru juga harus menguasai subyek materi yang dibebankannya dan menguasai metodologi pengajaran.

2. Karakteristik Kelas

Karakteristik kelas menjadi penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar , karena dalam karakteristik kelas terdapat beberapa variabel yang saling berhubuangan diantaranya
  • Besarnya kelas berarti banyak sedikitnya jumlah siswa yang belajar. Jika dalam suatu kelas mempunyai siswa yang banyak maka prsoses pengajarpun akan menjadi kurang efektif dan sebaliknya jika siswa sedikit besar kemungkinan proses belajar akan semakin mendekati sempurna alias berhasil.
  • Suasana Belajar. Dalam suasana belajar tidak menciptakan suasana belajar yang kaku, terlalu disiplin yang hanya bertumpu pada guru. Kondisi yang baik yaitu kondisi kelas yang demokrasi sehingga pembelajaran tidak hanya berpacu pada guru siswa pun dapat merasa bebas berdialog baik dengan guru maupun dengan teman-temannya, sehingga proses belajar menjadi optimal.
  • Fasilitas dan sumber belajar yang tersedia. Kondisi kelas yang baik yang dapat dijadikan laboratoriun oleh para siswa artinya didalam kelas harus disediakan buku pelajaran, alat peraga, poster - poster yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan sehingga di dalam kelas guru bukan satu-satu sumber belajar.
3. Karakteristik sekolah.  

Disamping guru dan karakteristi kelas ternyata Karakteristik sekolah juga mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar. Artinya proses belajar mengajar dapat berhasil jika dalam sekolahan tersebut terdapat perpustakaan untuk belajar anak, kondisi sekolah yang memberikan lingkungan yang nyaman khususnya dalam kepuasan belajar anak, kedisiplinan dalam lingkungan sekolah, dan kondisi sekolah yang bersih dan teratur.

Nah itulah beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses belajar, semoga sedikit tulisan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment